Selasa, 07 September 2010

Berani Gagal, Kegigihan dan Kesuksesan

Tak ada kata yang bermakna lebih baik untuk mencapai sukses daripada "KEGIGIHAN"
"Berbakat", tidak bisa! Sudah jelas banyak orang yang tidak mencapai kesuksesan padahal mereka berbakat
"Jenius", tidak bisa! Orang jenius yang tidak pernah dihargai tidak lebih dari sekedar kata kiasan
"Pendidikan", tetap tidak bisa! Dunia sudah dipenuhi oleh jutaan sampah terpelajar
Tapi "Kegigihan", adalah penentuan tersendiri dari Yang Maha Kuasa

Warren Bennis (1997) "Leaders"

Semua manusia selalu mengharapkan kesuksesan dalam hidupnya. Sepasang orang tua sedari kecil mengasuh, membesarkan dan mendidik anaknya dengan harapan anaknya menjadi orang yang sukses. Sukses dalam artian sukses materi, sukses sosial, sukses di dunia dan sukses di akhirat. Tapi sayangnya keinginan tidak selalu bisa sejalan dengan kenyataan. Alih-alih sukses, malah kegagalan yang sering didapat.


Lalu kok bisa ada orang yang sukses dan ada orang yang gagal? Tentunya ada faktor pembeda yang menjadikan seseorang sukses atau menjadi pecundang. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi diantaranya adalah modal, bakat dan pengetahuan. Tapi ada satu faktor yang paling berpengaruh yaitu KEGIGIHAN.

Kegigihan adalah kemampuan seseorang untuk berada di jalur yang akan ditempuh walaupun banyak halangan dan rintangan yang menjatuhbangunkan dirinya sebelum tujuannya tercapai. Kegigihan memiliki korelasi yang kuat dengan keuletan, ketabahan dan sikap pantang menyerah, berani menderita dan kerelaan berkorban.


Sejarah mencatat tokoh besar dunia yang memiliki kegigihan yang luar biasa, diantaranya :

Jatuh bangunnya orang-orang dalam Al Quran :
Bayangkan seorang Nabi Nuh berdakwah selama 950 tahun di dunia dan hanya mendapat pengikut 50 orang. Dicaci maki dan diolok-olok oleh kaumnya karena membangun kapal ditengah padang pasir yang tandus, jauh dari perairan. Namun karena keyakinannya berdasarkan wahyu dari Tuhan bahwa banjir akan melanda wilayahnya makanya dengan gigih Nabi Nuh melanjutkan pembangunan kapal tersebut sehingga pada saat banjir datang beliau bisa menyelamatkan umat yang beriman beserta pasangan-pasangan mahkluk hidup demi kelangsungan kehidupan di dunia ini.

Nabi Musa membebaskan kaumnya yaitu kaum Yahudi dari perbudakan bangsa Mesir sambil mengajak kaumnya meninggalkan sesembahan berhala dan mengagungkan keesaan Tuhan. Beliau mengorbankan statusnya sebagai Pangeran berikut segala kemewahan dan kenikatan yang disandangnya, membawa lari kaumnya itu bermil-mil jauhnya dari Mesir di Afrika Utara ke Palestina namun begitu tiba, kamumnya mendustakan Nabi Musa dan kembali menyembah berhala. Beliau tidak menyerah terus menerus berdakwah kepada kaumnya itu dibantu saudaranya Nabi Harun sampai akhirnya semua kaumnya beriman. Ajaran Nabi Musa menjadi tonggak 3 agama terbesar di dunia yaitu Islam, Kristen dan Yahudi.


Nabi Muhammad seorang anak yatim piatu, buta huruf dan miskin mengemban tugas suci berdakwah kepada kaumnya dan seluruh umat manusia menuju keselamatan dunia dan akhirat dengan mengagungkan keesaan Tuhan (Islam). Berasal dari kaum dan tempat yang pada jaman itu tidak pernah diperhitungkan, beliau bukan Yahudi yang melahirkan banyak nabi, bukan Romawi atau Persia yang merupakan bangsa superpower masa itu. Semula dicaci-dimaki dan diolok-olok oleh kaumnya, dikatakan sebagai orang gila, maniak dan penghayal padahal sebelum memulai kenabiannya beliau diakui sebagai Al Amin, yang terpercaya, the trusted one. Perjuangannya dilalui dengan banyak ancaman pembunuhan hingga beliau terusir dari kampung halamannya Mekah di semenanjung Arabia. Beliau bersama pengikut awalnya berjalan ribuan mil ke Abesinia di Afrika setelah ditawarkan suaka. Namun begitu tiba di Abesinia (Ethiopia sekarang), ternyata penguasa Abesinia tidak menunaikan janjinya maka kembalilah beliau ke Mekah. Beberapa waktu kemudian beliau hijrah menuju Madinah. Dari sini ajarannya mulai berkembang namun tetap belum aman, rongrongan dari Mekah masih terus menghantui. Terjadilah perang Badar yang secara teori militer manapun tidak mungkin akan dimenangkan. Perang itu melibatkan 700 orang infanteri ringan pengikut Nabi berhadapan dengan 1000 orang musuh dari Mekah yang terdiri dari infanteri dan kavaleri, tetapi karena keyakinan dan kegigihan Nabi beserta pengikutnya pada saat itu maka perang Badar dapat dimenangkan dengan gemilang.
Musuh yang masih penasaran kembali menantangnya di bukit Uhud, disini Nabi menderita kekalahan padahal sebelumnya posisi diatas angin. Hal ini terjadi karena kurang disiplinnya pasukan panah Nabi dan terburu nafsu mengambil pampasan perang. Setelah mundur, kembali Nabi berhadapan dengan musuh di Tabuk dan memenangkan perang ini. Musuh pun terpaksa menandatangani perjanjian Hudaybiah, suatu perjanjian gencatan senjata yang memaksa musuh memberikan jaminan keselamatan bagi Nabi beserta pengikutnya yang masuk ke Kota Mekah. Kemalangan dan cobaan tidak berhenti sampai disitu, banyak hal yang dilalui Nabi sehingga Agama Islam sempurna karena kegigihannya beserta para pengikutnya. Sekarang ajaran Islam dianut dan diimani oleh lebih dari setengah penduduk Planet Bumi.

Jatuh bangunnya orang besar di luar negeri :
Tahun 480 SM, 300 orang Sparta bertahan selama 11 hari di celah kecil Thermopilae di Galilea Yunani menahan invasi luar biasa dari Kerajaan Persia berikut seluruh angkatan bersenjatanya yang terdiri dari ribuan tentara dari berbagai suku dari Asia. Walaupun pertahanan tersebut gagal dan mereka terbunuh namun selama  11 hari tersebut berhasil pasukan Persia mengalami kerugian personel yang luar biasa dan Sparta mampu menahan gerak laju Kerajaan Persia memasuki wilayah Yunani dan menyelamatkan peradaban Eropa hingga bertahan sampai sekarang.

Kolonel Sanders, mantan anggota Angkatan Darat AS mendirikan kios ayam goreng kecil di pelosok Kentucky, AS pada saat usianya mencapai 60-an. Belasan tahun sebelumnya dia mencoba ribuan resep ayam goreng tapi tidak pernah menemukan resep yang benar-benar pas dan sesuai dengan seleranya. Pada awalnya banyak orang disekitarnya yang mencibir karena ayam goreng bukanlah menu makanan yang disukai di Kentucky, disamping itu ketika pertama kali kiosnya dibuka justru pada saat AS sedang mengalami Depresi Ekonomi dipertengahan era tahun 30-an. 
Jangankan orang pergi makan-makan di restoran, mencari pekerjaan saja sulit sekali pada masa itu. Beberapa bulan pertama kiosnya mengalami kemunduran. Orang tidak mau datang dan membeli produknya, bukan karena tidak sesuai selera tetapi karena mereka memang tidak punya uang. Tapi berkat ketekunan dan kegigihannya, sekarang gerai Kentucky Fried Chicken bisa kita temui di Seluruh dunia termasuk di kota-kota besar di Indonesia.

Cerita yang hampir sama juga dialami oleh McDonalds bersaudara yang mendirikan perusahaan fastfood raksasa McDonalds, mereka menciptakan sistem pemasaran secara waralaba yaitu dengan memberi hak mendirikan toko kepada investor dengan konsep dasar dari pusat McDonalds. Mulanya sistem ini menemuakan banyak kendala sehingga banyak investor yang menarik investasinya dengan menutup gerai-gerai mereka. 
Namun McDonalds bersaudara pantang menyerah, mereka mengajak bergabung Ray O'Kroc seorang salesman mesin es krim. Ray sendiri pada pekerjaan sebelumnya bukanlah orang yang sukses, dia memang jenius, menciptakan mesin ini dan itu yang bisa bekerja dengan cepat namun tidak mudah memasarkan hasil penemuannya. Hanya McDonalds yang berani membeli mesin-mesin darinya. Ray inilah yang memperkenakan McDonalds dengan konsep makanan cepat saji. Dia memangkas waktu memasak hidangan di McDonalds dengan menggunakan mesin-mesin terbaru. Sehingga pelayanan McDonalds menjadi lebih cepat. Dia juga membenahi sistem waralaba agar investor mendapat keuntungan yang sepadan, memperbaiki sumberdaya manusia agar karyawan McDonalds menjadi lebih profesional dan lebih produktif. Dia juga mendirikan Hamburger University di Ohio yang selain berfungsi sebagai tempat pelatihan karyawan juga lembaga riset dan pengembangan. Sekarang McDonalds menjadi icon American Dream di seluruh dunia.

Di Indonesia juga banyak bertaburan kisah-kisah sukses diantaranya :

Jenderal Besar Sudirman, Panglima TNI yang karena agresi militer Belanda II tahun 1948 memaksanya melakukan perang gerilya melawan Belanda. Beliau bergerilya di Yogyakarta-Jawa Tengah - Jawa Timur dengan berjalan kaki dalam keadaan sakit. Padahal Presiden Soekarno memintanya untuk tetap berada di kota, namun karena tekadnya yang kuat untuk terus berjuang maka beliau memilih berada ditengah-tengah pasukannya. Setelah itu seluruh pejabat pemerintahan RI di ibukota ditangkap Belanda dan dibuang ke Bangka (pada saat itu berdasarkan hasil perundingan Renville, Jakarta dan Jawa Barat masuk wilayah Hindia Belanda, ibukota RI dipindah ke Yogyakarta). Pada tanggal 20 Desember 1948, Jenderal Sudirman melakukan serangan fajar beserta pasukannya menghancurkan kantong-kantong kekuatan Belanda hingga masuk ke kota Yogyakarta. 
Pertahanan Belanda lumpuh dan Kota Yogyakarta praktis dikuasai oleh TNI selama 6 Jam. Selanjutnya Jenderal Sudirman Mundur kembali ke hutan. Walaupun cuma 6 jam, namun membuka mata dunia bahwa Negara Republik Indonesia ternyata masih ada, setelah sebelumnya Belanda di PBB menyatakan bahwa Indonesia sudah tidak ada lagi. Serangan umum tersebut benar-benar mempermalukan pemerintah Belanda di PBB sehingga 4 hari kemudian yaitu tanggal 24 Desember 1948, Dewan Keamanan PBB mendesak agar Belanda dan RI mengadakan gencatan senjata. Tahun 1949 setelah bergerilya selama 7 bulan, menahan sakit sampai-sampai beliau ditandu oleh pasukannya, Jendral Sudirman kembali masuk kota dengan kemenangan gemilang. 
Belanda dipaksa masuk kembali ke meja perundingan Konferensi Meja Bundar di Den Haag yang hasilnya mengakui Kemerdekaan Indonesia beserta Kedaulatannya. Sampai dengan saat ini napak tilas perjalanan gerilya Jendral Besar Sudirman tersebut dijadikan salah satu Kurikulum bagi semua sekolah perwira di TNI untuk mengenang kegigihan perjuangan beliau.


Susi Pujiastuti, seorang wanita yang cuma berijazah SMP, nekad meninggalkan bangku SMA di Cilacap-Jawa Tengah untuk memulai usaha sebagai pengepul ikan dengan modal pas-pasan namun tidak begitu sukses, setahun kemudian beliau nekad lagi pindah dari Cilacap Pantura ke Pangandaran di pantai selatan Jawa. Baru disinilah usahanya perikanannya berkembang dan merambah komoditas ekspor yaitu Lobster. Dia memasok sendiri komoditasnya ke restoran-restoran seafood di Jawa Barat dan Jakarta. Namun disini pun kendala muncul, seringkali barang kirimannya busuk diperjalanan sehingga mengalami kerugian. Akhirnya(lagi-lagi nekad) dia membeli pesawat terbang untuk moda transportasi komoditinya ke Jakarta. Dari situ dia malah mengebangkan bisnis pesawat carteran dan ternyata sukses. Sekarang Susi Air menjadi perusahaan penerbangan carter terkemuka di Indonesia yang dikomandoi oleh wanita yang hanya lulusan SMP ini.

Riezka Rahmatiana, seorang mahasiswi, masih muda (kelahiran 1986) memiliki kesukaan wisata kuliner. Akhirnya terpikir olehnya untuk membuka sendiri usaha kuliner berupa Pisang Ijo. Makanan khas Sulawesi Selatan ini dia jual secara franchise dan saat ini sudah beromzet lebih dari Rp 850jt per bulan. Tapi bukan tanpa hambatan, sebelum memulai usahanaya, Riezka pernah ikut MLM, ditipu ratusan juta, usaha garment, jual beli pakaian murah dan lain sebagainya, yang lebih menyakitkan setiap mengalami kegagalan orang tuanya memarahinya dan berusaha mematahkan semangatnya. Tapi karena kegigihannya, bermula dari modal menyisihkan uang saku sebanyak Rp 2jt saja, sekarang Riezka menjadi orang sukses dan kegigihannya telah menghantarkannya menemukan formula sukses melaluli usaha waralaba Pisang Ijo JustMine miliknya.

Joko Susilo, ST seorang sarjana arsitektur dari Semarang, merambah ibukota untuk mencari pekerjaan dengan harapan sukses namun kenyataannya hanya mendapatkan penghasilan pas-pasan, hanya cukup buat makan, tinggal pun menumpang di rumah familinya. Sampai tahun 2001 Joko mengenal internet dan dia melihat banyaknya peluang untuk meraih penghasilan dari internet. Satu minggu kemudian, diamemutuskan untuk meninggalkan pekerjaan tetapnya di Jakarta dan pulang ke Semarang untuk mulai menggeluti dunia internet marketing, dunia yang sebenarnya sama sekali asing buatnya. Tidak tahu cara membuat email, bahasa Inggris pas-pasan dan tabungan tidak lebih dari Rp 500 ribu saja. Modal Nekat! Keputusan itu bukannya tanpa pertentangan dari teman-teman dan keluarganya. 
Semua menganggap apa yang akan diusahakannya itu hanya impian belaka. 10 bulan menjalankan bisnis internet marketingnya ternyata tidak menghasilkan perubahan yang berarti, penghasilannya tetap hanya cukup untuk makan juga. Dunia interet marketing pada saat itu masih sangat baru baik buat Joko maupun praktisi internet lainnya. Dia stress berat. Coba sana, coba sini, baca artikel ini, baca artikel itu, tidak ada yang mengajarinya. Dia bukan ahli IT, sehingga 10 bulan itu menjadi sangat tidak menyenangkan. Orangtuanya menangisinya, kerabat dan teman banyak yang menasehati agar Joko menghentikan usaha "sia-sia" itu dan kembali mencari pekerjan sesuai bidangnya. Akhirnya Joko menemukan formula bisnis yang dia sebut sebagai Sistem Uang Otomatis (SMUO) sistem ini ternyata bisa mendatangkan penghasilan yang berlipat jika dijalankan secara benar. SMUO inilah yang menjadi "komoditas dagangan" Joko Susilo di internet. Perlahan tapi pasti pundi-pundi uang tabungan Joko meningkat, sejalan dengan itu pandangan keluarga pun terhadapnya mulai positif. Tapi cobaan tidak berhenti disitu, banyak pelanggan yang merasa tidak puas dan gagal mendapatkan penghasilan merongrong dengan mengatakan bahwa SMUO merupakan penipuan, mereka membanjiri forum, chat room dan blog. Namun Joko bergeming, selain banyak yang gagal, LEBIH BANYAK yang berhasil berpenghasilan dengan SMUO tersebut. Untuk membantah isu negatif terhadapnya, Joko menerbitkan produk barunya yaitu Rahasia Blogging dan ternyata meledak. Sekarang Joko Susilo telah memiliki aset milyaran Rupiah. Dia membangun jaringan usahanya dengan membeli Ruko di Semarang dan dijadikan sebagai kantor pusat usahanya, dengan demikian pelanggan dapat bertatap muka langsung dengan Joko apabila diperlukan. Demikian pula dengan 499 ribu orang pelanggan SMUO, mereka berbagi kesuksesan setelah menerapkan sistem ini dalam usaha mereka.

Kegigihan adalah kunci sukses mereka
Apakah mereka sukses karena jenius ? tidak ! Kalau mereka jenius tentu mereka tidak pernah mengalami kegagalan di usaha pertamanya. 

Apakah karena mereka berbakat ? tentu saja tidak ! Kolonel Sanders bukanlah seorang tukang goreng ayam awalnya, tapi seorang tentara dan dia menemukan formula ayam goreng. Joko Susilo bukan seorang ahli IT, tapi kesuksesannya berada di bidang IT. 

Apakah karena mereka berpendidikan ? Nabi Muhammad adalah seorang yang buta huruf, tapi beliau bisa berdagang, memiliki kemampuan komunikasi sosial yang baik,  paham strategi perang dan sebagainya. Joko Susilo bukan ahli IT. Susi Pujiati hanya lulusan SMP, pasti belum pernah belajar tentang pesawat terbang di sekolahnya.

Atau karena modal mereka kuat ? Semua nabi tidak memiliki modal materi atau status sosial, demikian pula dengan Riezka, Kolonel Sanders, dan Bu Susi.  Jenderal Sudirman persenjataan pasukannya sangat tidak sebanding dengan persenjataan modern Belanda, tapi tidak membuatnya surut berjuang, malah banyak pasukannya yang hanya bersenjata bambu runcing.

Tetapi cuma satu hal yang sama dari orang-orang sukses itu yaitu KEGIGIHAN mereka. Keberanian untuk mengambil resiko demi tercapainya tujuan. Kalaupun gagal, mereka tidak mengeluh, mereka segera bangkit, mengevaluasi kegagalannya dan melanjutkan usaha mereka demi tujuan dan perubahan yang ingin mereka capai. Mereka mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan uang demi hal-hal baik yang mereka ingin terima di akhirnya. Dan mereka semua mendapatkan penghargaan berupa kemenangan yang manis sebagai buah dari kerja keras mereka.

Banyak diantara kita yang bercita-cita tinggi tapi baru selangkah gagal lalu berhenti karena dipikir tidak menguntungkan. Banyak orang tua yang pada saat anaknya gagal bukannya mendorong anaknya malah justru mematahkan semangat anaknya. Banyak teman yang karena kasihan pada temannya yang gagal berkata, "sudahlah tak usah dilanjutkan". Tapi seorang yang gigih tidak akan langsung percaya dan mengikuti kata-kata itu, dia akan terus maju walupun gagal berkali-kali dan baru akan berhenti setelah tujuannya tercapai. Berapapun waktu yang dibutuhkan, berapapun materi yang harus dikeluarkan, walaupun dengan darah dan air mata, orang gigih akan yakin bahwa suatu saat apa yang dicita-citakannya pasti berhasil.

Jangan menyerah sekarang !!! Winners don't quit ...

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails